MAKALAH MANAJEMEN KEUANGAN

MANAJEMEN KEUANGAN



BAB I
PENDAHULUAN

A.  Latar Belakang
Untuk menjalani aktivias keseharian, semua individu pasti membutuhkan sebuah manajemen. Karena dengan memanajemen itulah segala sesuatu yang kita jalani dapat berjalan dengan efisien. Lihat saja orang yang tidak memanajemen dirinya, pastinya aktivitasnya akan sangat berantakan. Itu adalah contoh untuk individu, bagaimana dengan sebuah organisasi atau perusahaan ?
Dengan banyaknya individu yang terkumpul dalam satu naungan tempat, pastilah orang-orang dalam organisasi atau perusahaan tersebut memiliki tujuan dan aktivitasnya masing-masing. Namun bagaimana organisasi atau perusahaan tersebut dapat mencapai tujuannya jika masing-masing individu tersebut hanya melakukan aktivitasnya sendiri ? Maka disinilah gunanya manajemen. Salah satu manajemen yang terpenting bagi sebuah organisasi atau perusahaan adalah adanya manajemen keuangan.
Pengertian Manajemen Keuangan mengalami perkembangan mulai dari pengertian manajemen yang hanya mengutamakan aktivitas memperoleh dana saja sampai yang mengutamakan aktivitas memperoleh dan menggunakan dana serta pengelolaan terhadap aktiva. Khususnya penganalisisan sumber dana dan penggunaannya untuk merealisasikan keuntungan maksimum bagi perusahaan tersebut. Seorang manajemen keuangan harus memahami arus peredaran uang baik eksternal maupun internal.
Namun, Manajemen keuangan juga berkepentingan dengan penentuan jumlah aktiva yang layak dari investasi pada berbagai aktiva dan pemilihan sumber-sumber dana untuk membelanjai aktiva tersebut. Untuk memperoleh dana, manajer keuangan bisa memperolehnya dari dalam maupun luar perusahaan. Sumber dari luar perusahaan berasal dari pasar modal, bisa berbentuk hutang atau modal sendiri.

B.   Rumusan Masalah
a.      Apa yang dimaksud dengan manajemen keuangan?
b.      Apakah tujuan dari adanya manajemen keuangan?
c.      Apa saja fungsi dan dari manajemen keuanagan?
d.     Apa saja yang menjadi tugas pokok manajemen keuangan?

C.  Tujuan
a.      Untuk mengetahui definisi dari manajemen keuangan.
b.      Untuk mengetahui tujuan dari manajemen keuangan.
c.      Untuk mengetahui fungsi dan prinsip dari adanya manajemen keuanagan.
d.     Mengetahui tugas pokok yang di lakukan manajemen keuanagan.

Baca juga :

BAB II
PEMBAHASAN

A.  Definisi Manajemen Keuangan
Manajemen keuangan terdiri dari dua kata yang memiliki arti masing-masing dan di satukan menjadi satu kesatuan yang komplit. Menurut G.R.Terry, manajemen adalah “Suatu proses atau kerangka kerja yang melibatkan bimbingan atau pengarahan suatu kelompok orang-orang ke arah tujuan-tujuan organisasianal atau maksud-maksud yang nyata”.
Beberapa definisi manajemen keuangan menurut para ahli :
Liefman mengatakan, manajemen keuangan adalah usaha untuk menyediakan uang dan menggunakan uang untuk mendapat atau memperoleh aktiva.

Suad Husnan mengatakan, manajemen keuangan adalah  manajemen terhadap fungsi-fungsi keuangan.

Grestenberg mengatakan, manajemen keuangan adalah “how business are organized to acquire funds, how they acquire funds, how the use them and how the profits business are distributed”.

James Van Horne mengatakan bahwa manajemen keuangan adalah segala aktivitas yang berhubungan dengan perolehan, pendanaan dan pengelolaan aktiva dengan tujuan menyeluruh.

Bambang Riyanto mengatakan bahwa manajemen keuangan adalah  keseluruhan aktivitas perusahaan yang berhubungan dengan usaha mendapatkan dana yang diperlukan dengan biaaya yang minimal dan syarat syarat yang paling menguntungkan beserta usaha untuk menggunakan dana tersebut seefisien mungkin.
            Jadi dapat disimpulkan, bahwa manajemen keuangan adalah suatu kegiatan perencanaan, penganggaran, pemeriksaan, pengelolaan, pengendalian, pencarian dan penyimpanan dana yang dimiliki oleh organisasi atau perusahaan.


B.   Tujuan Manajemen Keuangan

Tujuan Manajemen Keuangan adalah untuk memaksimalkan nilai perusahaan. Dengan demikian apabila suatu saat perusahaan dijual, maka harganya dapat ditetapkan setinggi mungkin. Seorang manajemen  juga harus mampu menekan arus peredaran uang agar terhindar dari tindakan yang tidak diinginkan. Namun, Manajemen keuangan yang efisien memenuhi adanya tujuan yang digunakan sebagai standar dalam memberi penilaian keefisienan (Sartono: 2000, 3) yaitu, tujuan normatif manajemen keuangan adalah memaksimalkan kemakmuran pemegang saham yaitu memaksimalkan nilai perusahaan, seperti :
·           Tujuan memaksimumkan kemakmuran pemegang saham dapat ditempuh dengan memaksimumkan nilai perusahaan.

·           Secara konseptual jelas sebagai pedoman dalam pengambilan keputusan yang mempertimbangkan faktor risiko.
·           Manajemen harus mempertimbangkan kepentingan pemilik, kreditor dan pihak lain yang berkaitan dengan perusahaan.
·           Memaksimalkan kemakmuran pemegang saham lebih menekankan pada aliran kas dari pada laba bersih dalam pengertian akuntansi.
·           Tidak mengabaikan social objectives dan kewajiban sosial, seperti lingkungan eksternal, keselamatan kerja, dan keamanan produk.
C.  Fungsi Manajemen Keuangan
Manajemen keuangan dalam suatu perusahaan sangat berperan penting dalam menjalankan fungsinya untuk berbagai kegiatan keuangan, berikut adalah penjelasan singkat dari fungsi-fungsi manajemen keuanagan, yaitui :
o   Perencanaan Keuangan
     Manajemen keuangan berfungsi untuk membuat rencana pemasukan dan pengeluaraan serta kegiatan-kegiatan lainnya untuk periode tertentu.
o   Penganggaran Keuangan
    Manajemen keuangan berfungsi menjadi tindak lanjut dari perencanaan keuangan dengan membuat detail pengeluaran dan pemasukan.
o   Pengelolaan Keuangan
   Dengan adanya manajemen keuangan maka perusahaan dapat menggunakan dana untuk memaksimalkan dana yang ada dengan berbagai cara.
o   Pencarian Keuangan
      Dalam hal ini, manajemen keuangan berfungsi mencari dan mengeksploitasi sumber dana yang ada untuk operasional kegiatan perusahaan.
o   Penyimpanan Keuangan
Manajemen keuangan berfungsi mengumpulkan dana perusahaan serta menyimpan dana tersebut dengan aman.
o   Pengendalian Keuangan
    Dalam hal ini manajemen keuangan berfungsi untuk melakukan evaluasi serta perbaikan atas keuangan dan sistem keuangan pada perusahaan.
o   Pemeriksaan Keuangan
     Manajemen keuangan berfungsi untuk melakukan audit internal atas keuangan perusahaan yang ada agar tidak terjadi penyimpangan.
Fungsi utama Manajemen Keuangan dipaparkan sebagai berikut :
1.         Keputusan investasi (Investment decision)
Merupakan keputusan terhadap aktiva apa yang akan dikelola oleh lembaga.
Tambahan:
Aktiva = hutang + modal (pasiva)
Aktiva = aset yang digunakan untuk menjalankan operasional.
Pasiva = sumber (hutang dan modal)
Aktiva didanai oleh pasiva
Yang termasuk Aktiva ialah Segala aset yang digunakan untuk operasional, yang termasuk Pasiva adalah Modal + Hutang.
Keputusan investasi ini merupkan keputusan yang paling penting di antara ketiga bidang keputusan karena akan berpengaruh langsung terhadap:
o  Besarnya rentabilitas investasi.
Rentabilitas: kemampuan untuk pengembalian investasi
o  Aliran kas lembaga
Bahwa ternyata setiap keputusan investasi mempengaruhi arus kas di waktu yang akan                      datang

2.        Keputusan pendanaan (Financing Decision)
Financing decision adalah keputusan berkaitan dengan penetapan sumber dana yang diperlukan dan penetapan perimbangan pembelanjaan yang terbaik (struktur modal yang optimal).

3.        Keputusan pengelolaan asset (Aset management decision)
Assets management decision adalah keputusan berkaitan penggunaan dan pengelolaan aktiva (kata bijak: lebih mudah membangun daripada mengelola).

Saat ini fungsi manajemen keuangan dapat dilakuakn dengan status BLU/BLUD sedangkan dulu, masih kabur. Dan sering bermasalah, karena terkadang tidak disetor seluruhnya, karena kalau disetor semua akan menjadi masalah ketika kekurangan dana.

D.  Tugas Pokok Manajemen Keuangan
Tugas pokok manajemen keuangan antara lain meliputi keputusan tentang investasi, pembiayaan kegiatan usaha dan pembagian deviden suatu perusahaan, dengan demikian tugas manajer keuangan adalah merencanakan untuk memaksimumkan nilai perusahaan.
Kegiatan penting lain yang harus dilakukan manajer keuangan menyangkut empat aspek, yaitu:
·      Pertama, dalam perencanaan dan peramalan, dimana manajer keuangan harus bekerja sama dengan para manajer lain yang ikut bertanggung jawab atas perencanaan umum perusahaan.
·      Kedua, manajer keuangan harus memusatkan perhatian pada berbagai keputusan investasi dan pembiayaan, serta segala hal yang berkaitan dengannya.
·      Ketiga, manajer keuangan harus bekerja sama dengan para manajer lain di perusahaan agar perusahaan dapat beroperasi seefisien mungkin.
·      Keempat, menyangkut penggunaan pasar uang dan pasar modal, manajer keuangan menghubungkan perusahaan dengan pasar keuangan, di mana dana dapat diperoleh dan surat berharga perusahaan dapat diperdagangkan.
Dari ke empat aspek tersebut dapat disimpulkan bahwa tugas pokok manajer keuangan berkaitan dengan keputusan investasi dan pembiayaannya. Dalam menjalankan fungsinya, tugas manajer keuangan berkaitan langsung dengan keputusan pokok perusahaan dan berpengaruh terhadap nilai perusahaan.

E.    Prinsip Manajemen Keuangan
Manajemen keuangan bukan hanya berkutat pada seputar pencatatan akutansi. Dia merupakan bagian penting dari manajemen program  dan tidak boleh dipandang sebagai suatu aktivitas tersendiri yang  menjadi bagian dari pekerjaan orang keuangan.
Ada 7 Prinsip dari manajemen yang harus diperhatikan, diantaranya adalah :
1.        Konsistensi (consistency)
Sistem dan kebijakan keuangan dari organisasi harus konsisten dari waktu ke waktu. Ini tidak berarti  bahwa sistem keuangan tidak boleh disesuaikan apabila terjadi perubahan di organisasi. Pendekatan yang tidak konsisten tehadap manajemen keuangan merupakan suatu tanda bahwa manipulasi di pengelolaan keuangan.
2.       Akuntabilitas (accountability)
Akuntabilitas adalah kewajiban, moral atau hukum yang melekat pada individu, kelompok atau organisasi. Organisasi harus dapat menjelaskan bagaimana dia menggunakan sumber dayanya dan apa yang telah dia capai sebagai pertanggumg jawaban kepada pemangku kepentingan dan penerima manfaat.
3.       Transparansi (transparancy)
Organisasi harus terbuka berkenaan dengan pekerjaannya,menyediakan informasi berkaitan dengan rencana dan aktivitasnya kepada para pemangku kepentingan. Termasuk didalamnya, menyiapkan laporan keuangan yang akurat, lengkap, dan tepat waktu serta dapat dengan mudah diakses oleh pemangku kepentingan dan penerima manfaat. Apabila organisasi tidak transparan, hal ini mengindikasikan ada sesuatu hal yang disembunyikan.
4.       Kelangsungan hidup (viability)
Agar keuangan terjaga pengeluaran organisasi ditingkat strategic maupun operational harus sejalan /disesuaikan dengan dana yang diterima. Kelangsungan hidup merupakan suatu ukuran tingkat keamanan dan keberlanjutan keuangan organisasi.
5.       Integritas (integrty)
Dalam melaksanankan kegiatan operationalnya,  individu yang terlibat harus mempunyai integritas yang baik. selain itu, laporan dan catatan keuangan harus tetap dijaga integritasnya melalui kelengkapan dan keakuratan pencatatan keuangan.
6.       Pengelolaan (stewardship)
Organisasi harus dapat mengelola dengan baik dana yang telah diperoleh  dan menjamin bahwa dana tersebut digunakan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
7.       Standar akutansi (accounting standarts)
Sistem akuatansi dan keuangan yang diguanakn organisasi harus sesuai dengan prinsip dan standar akutansi yang berlaku umum.



BAB III
PENUTUP




A.  Kesimpulan
Manajemen keuangan sangat diperlukan terutama dalam sebuah organisasi atau perusahaan. Dengan adanya manajemen keuangan yang baik, maka kegiatan perencanaan, pelaksanaan, sampai pada penghasilan suatu tujuan ataupun barang akan dicapai dengan baik dan maksimal, dan dengan adanya manajemen maka perusahaan akan dapat mencapai tujuan yang di inginkan dengan langkah yang tepat.
Manajemen keuangan  adalah suatu kegiatan perencanaan, penganggaran, pemeriksaan, pengelolaan, pengendalian, pencarian dan penyimpanan dana yang dimiliki oleh organisasi atau perusahaan untuk memperoleh sumber modal yang paling murah serta menggunakannya dengan seefektif dan seproduktif mungkin untuk menghasilkan laba.
Dalam prakteknya, manajemen keuangan adalah tindakan yang diambil dalam rangka menjaga kesehatan keuangan organisasi/perusahaan. Untuk itu dalam membangun sistem manajemen keuangan yang baik perlulah kita untuk mengindentifikasi prinsip-prinsip manajemen keuangan yang baik pula.
B. Saran
Demikian makalah ini dibuat, semoga dapat bermanfaat bagi pembaca. Apabila ada saran dan kritik yang ingin di sampaikan, silahkan sampaikan. Apabila ada terdapat kesalahan mohon dapat memaafkan dan memakluminya.


DAFTAR PUSTAKA
Dr. Harmono, SE., M.Si, Manajemen Keuangan, Ed 1, Bumi Aksara, Jakarta 2009
Dr. Sutrisno, Manajemen Keuangan, BPFI-UGM, 2001
Lukas Admadjaya, Manajemen Keuangan dan Aplikasi, Andi Ofset, Edisi Revisi, Jakarta 2008
www.wikipedia.com
www.google.com
http://accounting-bank.blogspot.com/2012/06/tujuan-dan-fungsi-manajemen-keuangan.html?m=1
http://www.azamku.com/definisi-manajemen-keuangan.html
http://organisasi.org/definisi-penegrtian-maajemen-keuangan-tugas-pokok-dan-tujuan-manajer-keuangan-perusahaan
http://febrina2011.blogspot.com/2012/01/manajemen-keuangan-perusahaan.html?m=1
http://yusnikasyifa.blogspot.com/2012/01/manajemen-keuangan-perusahaan.html?m=1
http://www.organisasi.org/1970/01/definisi-pengertian-manajemen-keuangan-tugas-pokok-dan-tujuan-manajer-keuangan-perusahaan.html
http://flower-dahlia.blogspot.co.id/2015/07/makalah-manajemen-keuangan.html

Komentar

  1. Apakah Anda memerlukan bantuan dari BANDAR TOGEL 4D? Jangan khawatir, para ahli kami memberikan daftar bandar togel terpercaya yang dapat anda gunakan secara gratis.

    Bandar togel 4d merupakan sebuah situs yang beroperasi menyediakan daftar agen bandar togel terpercaya yang dapat di gunakan sebagai acuan tempat bertaruh togel 4d.

    Kami memiliki pengalaman lebih dari 10 tahun sebagai Toto Slot4D. Kami berkomitmen untuk menyediakan daftar bandar togel terpercaya kepada seluruh pecinta game togel, dan kami selalu melampaui harapan Anda.

    BalasHapus
  2. Memanage kuangan memanglah sangat diperlukan dalam menghemat pengeluaran untuk hal-hal yang tidak perlu. Makanya kalian harus rajin-rajin menabung agar anda bisa memainkan slot judi online hanya di Obor138 yang dimana sudah pasti menjamin keuntungannya. Oleh karena itu, daftarkanlah akun anda dan dapatkan keuntungan yang melimpah dengan klik link dibawah ini.
    obor138
    asia 138 slot
    obor 138
    obor 138 slot
    obor138 slot
    obor138 slot login
    obor 138 slot login
    situs slot online
    situs slot terpercaya 138
    situs slot terbaik 138
    slot online
    slot online obor138
    situs slot gacor obor138
    slot gacor
    obor138 link alternatif
    obor 138 link alternatif
    obor138 login
    obor 138 login
    obor138 daftar
    daftar obor138
    obor 138 daftar
    daftar obor 138
    situs judi

    GASKAN BOSSKUU! MARI JP BERSAMA KAMI!!

    BalasHapus
  3. Kemudahan yang didapatkan di obor 138 slot akan memberikan anda kesempatan untuk menang lebih besar. Banyaknya variasi game dari berbagai jenis provider yang menyediakan bocoran info mengenai kegacoran yang bisa anda temui di situs slot Obor 138 gacor. Dan tentunya game slot online gacor akan berubah tiap harinya. Pastikan bahwa anda menghubungi kami melalui livechat yang telah kami sediakan untuk memudahkan anda dalam mendapatkan info.
    obor 138 slot
    slot gacor obor 138
    Agen slot obor 138
    judi slot online
    situs slot gacor
    obor138 link alternatif
    slot online

    BalasHapus
  4. Begitu banyak variasi jenis dan jumlah permainan slot gacor yang tersedia di situs judi online OBOR 138 slot untuk anda mainkan.
    obor 138 slot gacor terbaik dan terpercaya

    BalasHapus
  5. Di Obor 138 agen slot gacor selalu menyediakan permainan Fair to play, oleh karena itu anda tidak akan merasa tertipu oleh kami. Obor 138 slot juga tentunya sudah berlisensi Internasional jadi tentunya anda bisa bermain dengan enjoy dan senang pastinya. Kemenangan yang anda dapatkan dari taruhan - taruhan lakukan akan kami bayar 100% murni.
    slot gacor obor 138

    BalasHapus
  6. Selain menyediakan banyak game situs slot online, OBOR 138 slot gacor tentunya akan memberi sedikit tips & trik dalam bermain di situs slot online agar mendapatkan jackpot terbesar setiap harinya. Banyak trik yang perlu untuk anda ketahui sebelum melakukan taruhan dalam situs slot online ini.
    slot online

    BalasHapus
  7. Opsi provider game slot online terpercaya yang disediakan oleh situs website obor138 slot ialah provider dengan mutu terbaik dengan tampilan game yang bagus dan modern. Provider itu mencakup Microgaming, PG Soft, Spadegaming, Pragmatic Play, Habanero, Toptrend Gaming, Slot88, Playstar, Joker, CQ9, BBIN, BBP, BNG, serta yang lain-lain. Cuma dengan deposit 50.000 ribu rupiah serta sistem bisnis yang gampang memakai transfer Bank Indonesia ataupun dompet digital E-Wallet, anda bisa menikmati semua opsi game slot online dengan win rate besar ialah 98% serta pastinya sediakan beraneka ragam tambahan jackpot sensational dengan jaminan gampang claim.
    obor 138 slot gacor

    BalasHapus
  8. Bermain di situs judi slot online terpercaya seperti OBOR138 pastinya menjadi pilihan yang terbaik dalam mengisi waktu luang. Setiap daftar jenis provider judi slot online Internasional pasti mencoba untuk menghadirkan beragam permainan game slot terbaru serta terlengkap dan juga menarik dengan persentase RTP yang tinggi dibandingkan dengan provider situs lain.
    obor 138 slot

    BalasHapus
  9. Selain menyediakan banyak game situs slot online, OBOR 138 gacor selalu memberikan tips & trik dalam bermain di situs slot online agar mendapatkan jackpot terbesar setiap harinya. Perlu diingat bahwa provider permainan yang direkomendasikan oleh situs obor 138 slot tentunya sudah mempunyai tingkat kemenangan yang tinggi.
    slot judi online terbaik dan terpercaya OBOR138

    BalasHapus
  10. Tentunya para penjudi yang bermain di situs slot online obor 138 untuk mendapatkan kemenangan. Oleh karena itu, ada beberapa tips yang harus diperhatikan oleh anda saat bermain di obor 138 slot.
    Agen slot obor 138

    BalasHapus
  11. Banyak jenis permainan game slot online yang ada di situs judi online slot gacor hari ini pastinya akan membuat anda binggung untuk memilih permainan mana saja yang lagi gacor. Maka dari itu, Obor138 akan memberikan arahan kepada anda untuk memainkan game slot gacor sehingga mudah memenangkan hadiahnya.
    situs slot gacor

    BalasHapus
  12. Obor 138 Slot Gacor Terbaru Hari Ini terpercaya dengan bonus terbaik. jika anda bergabung jadi member bisa memperoleh bermacam- macam provit menarik. situs slot online terbaik memperkenalkan metode sistem deposit melalui e-wallet dan transfer bank yang memberi anda kemudahan dalam memainkan seluruh game dengan satu akun saja buat bermain game slot online. gabung sekarang supaya anda memperoleh banyak keuntungan, dengan bermain serta mengumpulkannya bisa membuat anda jadi kaya dalam waktu singkat

    BalasHapus
  13. Persentasi winrate yang dipunyai oleh Slot Online Gacor bisa dikatakan rata-rata lebih besar dibandingkan judi slot online terbaik lainnya. anda akan lebih banyak untung besar apabila bergabung bersama Situs slot Obor 138 Terpercaya dan Gacor Rtp Tertinggi. anda pasti penasaran kan? Karena dengan anda memaikannya di situs slot terpercaya dan gacor, terdapat banyak jenis permainan slot gacor hari ini yang paling diminati bisa anda pilih untuk memainkannya.

    BalasHapus
  14. Jangan sampai ketinggalan!!! ayo cepat gabung dan daftar diri anda sekarang juga agar anda tidak ketinggalan dengan penawaran segala bonafit deposit E-wallet, transfer bank mendapatkan bonus promo new member 100% untuk member baru ikut bergabung. segala provit dan bonus ataupun jakcpot terbesar bisa anda dapatkan dengan mudah di situs slot obor 138 online terbaik dan terpercaya.

    BalasHapus
  15. Ada situs Obor 138 slot online gacor hari ini bisa anda jadikan sebagai waktu luang mencari cuan dalam bermain slot online. Dengan adanya berbagai pilihan game slot online maka dari itu obor138 tentunya dapat memberikan anda merasa lebih untung dalam pemilihan kecocokan game slot online yang sesuai dengan tipe permainan anda.

    BalasHapus
  16. agen slot Obor 138 merupakan situs slot online terbaik dan terpercaya yang sangat di idolakan di kalangan kelompok penjudi online hingga menjadi terkemuka sampai saat ini, telah banyak yang membuktikan bahwa permainan judi slot online ini bisa memperoleh keuntungan yang sangat besar saat memaikan permainan slot online

    BalasHapus
  17. Provit besar bisa anda dapatkan jika memainkan game slot online di situs Obor138 slot online terbaik dan terpercaya di indonesia dengan pelayanan cs online 24 jam, memberikan bonus provit setiap main slot, memiliki server canggih, metode deposit yang komplit dan masih banyak lagi lainnya dijamin anda berkenan dengan hadiah jackpot yang sensational.
    obor 138 login

    BalasHapus
  18. sudah hadir situs game slot obor 138 online terpercaya yang disenangi banyak orang menawarkan banyak hadiah besar juga memberikan fasilitas terbaik di indonesia.
    obor 138 login
    game slot online

    BalasHapus
  19. tidak perlu sangsi lagi terhadap tingkat kemanangan yang tinggi di situs obor 138. tentunya Obor 138 slot ini adalah situs slot online terbaik yang memberikan tingkat kemenangan tertinggi pada permainan slot online. kunjungi di link
    agen slot obor 138
    situs slot online
    obor 138 slot

    BalasHapus
  20. Hanya situs Obor 138 slot online terpercaya yang mampu memenuhi keinginan anda semua. Tidak hanya terpercaya, betting dalam OBOR138 tergolong rendah loh! Jadi dapat dipastikan bahwa anda akan semakin nyaman dalam bermain game slot online.
    obor 138 slot
    slot gacor obor 138
    Agen slot obor 138

    BalasHapus
  21. Banyak sekali member yang selalu bermain kesini karena banyak yang sudah mendapatkan hadiah jackpot yang sangat menarik. Jadi jangan ragu untuk bermain di situs slot online yang tergacor dan terpercaya Obor 138.
    obor 138
    obor138
    obor 138 online
    situs obor 138
    obor 138 link alternatif
    slot 138 online
    obor 138 slot

    BalasHapus
  22. Obor 138 situs slot online terbaik dan terpercaya di indonesia merupakan daftar situs slot gacor terbaik yang mudah untuk memenangkan jackpot yang sangat besar yang sudah dikenal sebagai bandar situs judi slot online terbaik dan terpercaya di indonesia. situs slot obor 138 juga menyediakan banyak permainan slot yang pastinya gacor yang mudah meraih kemenangan
    situs slot obor 138

    BalasHapus
  23. Obor 138 slot terpercaya di indonesia telah menyediakan Minimal deposit yang terjangkau untuk seluruh pemain hanya Rp.50.000 saja anda telah dapat memainkan permainan slot online dengan tingkat kemenangan besar bisa anda nikmati serta memperoleh banyak promo yang menarik ayo mainkan sekarang juga.
    obor138
    obor 138 online
    situs obor 138
    obor 138 link alternatif
    slot 138 online
    obor 138 slot

    BalasHapus
  24. Mulai sekarang, Anda sudah bisa bermain judi online di dalam situs slot online terbaik seperti OBOR 138. Pastinya anda akan merasa senang ketika bermain di obor 138. Dikarenakan anda bisa bermain dengan nyaman dan santai.
    obor 138
    obor 138

    BalasHapus
  25. Melalui judi slot online, semuanya bisa anda mainkan lewat salah satu situs judi yang telah menjalinkan kerja sama dengan penyedia permainan OBOR 138. Jenis - jenis permainan judi slot online dengan provider yang telah terkenal di dunia, seperti Pragmatic Play, PG Soft, MicroGaming, beserta Habanero dan tentu tidaklah asing lagi didengar oleh para bettors judi slot online. Permainan game yang dikembangkan oleh mereka tentunya merupakan permainan game slot judi online tergacor dan selalu menjadi pilihan bagi para bettors judi di situs slot online seluruh dunia.

    obor 138

    BalasHapus
  26. Anda bisa melakukan googling terlebih dahulu mengenai situs apa saja yang direkomendasikan. Mestinya anda harus melihat situs judi online yang benar - benar bersih dan tanpa adanya rekam jejak kurang baik dan review bagus di internet seperti OBOR138.
    obor 138
    obor 138

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer