TUGAS SOFTSKILL (TUTORIAL EDIT VIDEO UNTUK OPENING VIDEO)

Ini adalah tutorial edit video pada bagian opening. Diperuntukkan menyelesaikan tugas Softskill. Aplikasi yang saya gunakan kali ini adalah aplikasi android untuk edit video dengan menggunakan VideoShow.apk, mari simak tutorialnya :




1. Pasang terlebih dahulu aplikasi VideoShow pada perangkat Android anda. Tunggu proses instalasinya seperti gambar dibawah ini.



2. Setelah selesai menunggu pemasangan aplikasi, maka tekan "buka" dan akan muncul tampilan awal dari apk VideoShow tersebut. Tampilannya seperti gambar dibawah ini. kemudian klik Start untuk mulai mengedit video.





3. Setelah menekan Start, maka akan muncul menu-menu yang disediakan oleh VideoShow untuk edit video. Ada banyak menu pada aplikasi tersebut. Contohnya seperti Video Edit, Photo Video, Shoot Video, Materials Store, My Studio, dan Featured Apps. Pada langkah ini kita akan menggunakan menu Photo Video, dikarenakan saya hanya menggunakkannya untuk menyisipkan video opening pada video intinya. Tekan pada Photo Video.





4. Setelah memilih menu Photo mVideo, maka akan muncul tampilan seperti dibawah ini. Kemudian, kita akan mengambil gambar yang full hitam. Setelah kita mengambil gambar yang full hitam, tekan Start untuk memulai edit video/gambarnya. 




5. Setelah menekan Start, maka akan muncul layar seperti dibawah ini. Dan inilah tempat kita untuk mengedit segala macam video ataupun foto yang ada. Disitu tersedia menu seperti Duration, Theme, Music, dan Pro Edit. Pertama, kita akan memilih tema. Pada tema kali ini yang saya pilih adalah tema yang berjudul Elegant. Setelah memilih temanya, kita coba play videonya untuk melihat demo tema yang akan kita gunakan. Setelah melihatnya dan merasa cocok dengan tema tersebut, silahkan klik Modify Title untuk mengedit tulisan yang tersedia pada tema tersebut.




6. Setelah menekan Modify Title maka akan keluar tampilan layar di bawah ini. Pada Title bawaan dari tema tadi hanya bertuliskan My Video, kemudian saya ganti dengan tulisan 2IA05, dan pada kolom tail yang tadinya bertuliskan Thanks For Watching, saya ganti dengan tulisan Proudly Present. Setelah semuanya sudah diganti, kita tinggal menekan OK.  




7. Setelah kita mengedit title tadi, maka sekarang kita coba play ulang demonya. Dan tentunya akan muncul tulisan 2IA05 pada awal video dan kemudian muncul juga tulisan Proudly present. Lihat gambar dibawah ini. 





\



8. Setelah selesai semuanya dalam mengedit video openingnya. Klik tombol merah yang ada di pojok kanan atas. Tombol itu akan mengarahkan kita pada tampilan dibawah ini. Bila kita ingin men-share video tersebut, silahkan pilih salah satu icon sosial media yang tersedia. Tapi kita juga bisa langsung menyimpannya juga pada galeri android kita. Saya memilih SAVE TO GALLERY.


9. Setelah klik save to gallery maka akan muncul pop up seperti dibawah ini, kemudian anda bisa memilih mode video yang ingin anda save. Pilih fast mode atau HD mode. Saya memilih HD mode.



9. Setelah itu tunggu proses exportnya seperti dibawah ini.


10. Bila sudah selesai, maka akan muncul tampilan layar seperti dibawah ini dan selesai sudah kita mengedit video openingnya dan juga berhasil untuk menyimpan dalam mode HD video.


Komentar

Postingan Populer